Sabtu, 24 Januari 2015

CHALCEDONY FAMILY



CHALCEDONY

Chalcedony adalah bentuk Quartz yang kompak (padu) dan microcrystalline. Terdapat dalam berbagai bentuk, warna, dan pola serta banyak varietasnya telah digunakan sebagai batu permata sejak jaman dahulu. Dalam perdagangan internasional batu permata, istilah Chalcedony diperuntukkan khusus untuk menggambarkan batu mulia jenis Chalcedony berwarna putih, abu-abu, atau biru yang tembus cahaya (translucent). Namun tidak terbatas pada warna-warna tersebut diatas, tetapi mencakup semua varietas tambahan.

Fomula Kimia              :  SiO2
Warna                   :  Putih, Biru, Merah, Hijau, Kuning, Orange, Coklat, Pink, Ungu, Abu-abu, Hitam, Banded, ragam warna (multicolored)
Tingkat Kekerasan      :  6.5 – 7 skala Mohs
Sistem Kristal              :  Hexagonal
Index Refraksi             :  1.54 – 1.55
SG                               :  2.63 – 2.65
Transparansi               :  Translucent to Opaque
Refraksi Ganda           :  .009
Luster                          :  Vitreous to Waxy
Cleavage                     :  None (tidak ada)
Kelas Mineral              :  Quartz (Chalcedony)


Tentang Chalcedony
Chalcedony ditemukan dalam hampir semua jenis warna, dan berbagai varietasnya diberi nama berdasarkan warnanya (contoh: blue chalcedony). Berbagai varietas Agate adalah berwarna-warni, dikenali karena pola pitanya yang khas. Beberapa bentuk Chalcedony, seperti Chrysoprase, warnanya sangat intens, sementara yang lain berwarna ringan. Seperti Chalcedony biru, dengan warna yang kuat, lebih disukai sebagai batu permata. Beberapa varietas klasik dari Chalcedony, dijelaskan berikut ini:

Agate
Adalah kelompok varietas dengan ragam warna yang unik dan paling mudah dikenali dari Chalcedony. Agate sendiri dikenal memiliki banyak varietas yang berbeda. Semua jenis Agates mengandung pola yang khas, yang membuat tiap-tiap Agate berbeda satu sama lainnya.

Aventurine
Buram, tidak tembus cahaya, bentuk kompak (padu), paling sering berwarna hijau, mengandung Mica, Hematite, atau skala kecil Goethite yang menyebabkan efek berkilau.

Bloodstone
Berwarna Hijau gelap mendekati biru kehijauan dengan variasi bintik-bintik merah atau coklat.

Carnelian
Merah untuk berbagai tembus kuning-merah. Beberapa jenis Carnelian merupakan hasil treatment pemanasan (Heating Treatment) untuk menguatkan warna ringan dari Carnelian.

Chrysoprase
Varietas berwarna Hijau Apel; merupakan salah satu jenis batu permata paling populer dari famili Chalcedony. 

Jasper
Bentuk buram coklat, sering warna-warni, terelihat berbintik-bintik.

Onyx
Mungkin menggambarkan Chalcedony hitam yang solid, Chalcedony hitam dan putih (biasanya berpita secara paralel), atau Chalcedony dengan dasar hitam dan lapisan atas putih.

Sard dan Sardonyx
Berwarna kecoklatan mendekati merah kecoklatan, transparan dan tembus cahaya. Sardonyx yang terkait memiliki pita merah kecoklatan yang paralel juga pita putih atau kadang-kadang hitam.

Tiger Eye
Pseudomorph dari paduan Quartz kompak setelah mineral berserat Crocidolite. Tiger Eye terkenal untuk efek Chatoyant dan berkilau kemilau.

Penggunaan
Chalcedony adalah sumber utama dari berbagai batu permata. Sebagian besar bentuk permata chalcedony dipoles dalam bentuk cabochons dan manik-manik yang digunakan untuk gelang, kalung, anting-anting, dan berbagai keperluan perhiasan, serta ukiran berbentuk hewab dan karakter lainnya. Selain dari semua varietas ini sangat dikenal, warna abu-abu dan biru tembus (translucent) dari Chalcedony sangat popular dan disukai.

Varietas

Khusus varietas Agate, Jasper, Onyx, dan Tiger Eye diuraikan terpisah.

·      Agate - berbagai Banded dari Chalcedony. (Diuraikan tersendiri dalam mineral Agate)

·    Aventurine – Buram-tidak tembus cahaya, compact Quartz / Chalcedony yang mengandung Mica, Hematite, atau skala kecil Goethite yang menyebabkan efek berkilau. Aventurine yang paling sering adalah berwarna hijau, tapi mungkin juga warna lain seperti abu-abu, oranye, dan coklat.
·     
      Binghamite - Chalcedony padat, dengan inklusi paralel dari goethite. Warnanya multicolor (warna-warni) kekuning-kuningan mendekati kemerahan, dan menunjukkan fenomena chatoyancy. Binghamite ditemukan di Cuyuna Iron Range di Minnesota, dan termasuk batu permata langka.
·     
    Bloodstone – Varietas Chalcedony berwarna Hijau gelap mendekati biru kehijau-hijauan dengan bintik-bintik merah atau coklat.
·          
    Carnelian – Varietas Chalcedony berwarna Merah mendekati Merah Amber dan  tembus cahaya (translucent).
·         
       Chrysoprase – Varietas Chalcedony berwarna Hijau Apel.
·          
    Fire Agate - Bentuk Agate atau Chalcedony yang warna-warni dengan permainan warna atau "api" mirip dengan Opal. Fire Agate biasanya memiliki pertumbuhan botryoidal termasuk dalam interior mereka. Permainan warna disebabkan oleh inklusi dari goethite atau Limonit.
·          
    Holly Blue – Tembus cahaya (translucent), batu permata berwarna ungu-kebiruan dari varietas Chalcedony.
·          
    Jasper – Buram, tidak tembus cahaya (Opaque) dari family Chalcedony. Sering dijumpai dalam warna coklat, kuning, atau warna kemerahan.
·        
        Moss Agate - Chalcedony mengandung inklusi padat Hijau Hornblende yang menyebabkan pola menyerupai lumut. Moss Agate secara teknis tidak mutlak seperti Agate, yang memiliki pola pita.
·          
     Onyx – Batu permata jenis Chalcedony yang memiliki memiliki beberapa konotasi. Secara praktis didefinisikan sebagai Solid Black Chalcedony, atau Chalcedony hitam dan Chalcedony ber-layer hitam-putih (hitam putih berlapis).
·          
    Plasma – Varietas Chalcedont berwarna Hijau Tua. Sering mengandung bintik-bintik putih atau kuning kecil.
·      
    Prase – berwarna Hijau ringan (light) mendekati warna hijau zamrud. Jenis Quartz / Chalcedony yang transparan - transculent, dengan warna yang disebabkan oleh inklusi mineral hijau, seperti aktinolit, Hedenbergite, Klorit, atau Malachite.
·          
   Sard – Berwarna kecoklatan mendekati coklat kemerah-merahan. Merupakan family Chalcedony yang transparent-translucent. Sebuah batu permata memiliki batas tipis definisi antara Sard dan Carnelian.
·          
   Sardonyx - Bentuk Agate dengan bentuk pita-pita parallel (bands) warna kecoklatan mendekati merah dengan alternatif pita putih atau kadang-kadang hitam.
·        
      Tiger Eye – pseudomorph dari Compact Quartz / Chalcedony setelah pembentukan serat mineral Crocidolite. Tiger Eye terkenal dengan efek Chatoyant nya


Treatment Chalcedony
Untuk menciptakan warna yang lebih hidup, kadang-kadang Chalcedony diberi pewarnaan atau pencelupan warna. Terutama pada warna biru, merah, dan pink yang cerah. Chalcedony Putih juga kadang-kadang diwarnai biru terang menyerupai Chalcedony biru alami.


Deposit
Sumber atau deposit Chalcedony sangat melimpah dan ditemukan hampir di seluruh dunia, dengan sumber yang terlalu banyak untuk disebutkan.


Similar Gemstones
Sebagian besar batu permata Chalcedony unik dalam warna dan gaya, dan dapat dengan mudah dibedakan dari sebagian batu permata lainnya. Beberapa bentuk Opal mungkin menyerupai Chalcedony, tapi Opal tidak memiliki tingkat kekerasan seperti Chalcedony.



Semoga bermanfaat....




Sumber: 
Diterjemahkan dari Minerals.net


Tidak ada komentar:

Posting Komentar