Rabu, 12 November 2014

APA SIH TITANIUM ITU…???



Penasaran apa itu Titanium? Yuk…mari dibaca dulu biar tahu.

Contoh: Cincin terbuat dari Titanium
Titanium adalah suatu Logam Transisi yang kuat, ringan, berkilau atau disebut juga dengan Stainless Steel. Logam ini memiliki karakteristik resistensi terhadap asam, tahan alkali, tidak berubah warna, tidak menimbulkan alergi, sangat keras, dan berwarna cerah, tidak berkarat, walaupun terhadap air laut maupun alkhol. Sehingga secara umum juga digunakan untuk memproduksi alat-alat kedokteran.

Penggunaan Titanium yang bersentuhan dengan kulit tidak menimbulkan alergi, sehingga sering digunakan untuk membuat perhiasaan, atau aksesoris lain seperti jam tangan mahal (seperti Rolex), pena kelas atas dan sejenisnya dengan kualitas yang sangat memuaskan. Di dalam dunia fashion logam ini dikenal sebagai Baja Titanium (digunakan Stainles Steel 316L; seri/tingkatan baja stainless terbaik). Untuk warna pada Titanium sering dilakukan dengan pelapisan warna yang sangat hati-hati melalui pemanasan dan teknologi mesin, sehingga Titanium jadi memiliki warna.

Keunggulan Titanium
  • Karakter Titanium yang paling terkenal adalah Titanium sama kuat dengan Baja namun beratnya hanya 60% dari berat baja.
  • Kekuatan lelah (fatigue strength) yang lebih tinggi daripada paduan aluminium.
  • Tahan suhu tinggi. Ketika temperatur pemakaian melebihi 150 oC maka dibutuhkan titanium karena aluminium akan kehilangan kekuatannya secara nyata.
  • Tahan korosi; ketahanan korosi titanium lebih tinggi daripada aluminium dan baja.
  • Dengan rasio berat-kekuatan yang lebih rendah daripada aluminium, maka komponen-komponen yang terbuat dari titanium membutuhkan ruang yang lebih sedikit dibanding aluminium
Semoga artikel ini menambah wawasan kita untuk lebih mengenal apa itu Titanium.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar