Sabtu, 15 November 2014

BIDURI BULAN atau MOONSTONE


White Moonstone-India (Mineral.net)

Biduri Bulan-Biduri Laut atau Moonstone adalah batu mulia atau permata sodium potassium aluminium silicate, merupakan anggota dari kelompok Feldspar. Menurut Legenda dari India juga dari Yunani dan Romawi, Batu Biduri Bulan adalah sinar bulan yang membeku. 

Tradisi dari bangsa - bangsa lain pun sering menghubungkan batu biduri bulan atau moonstone ini dengan bulan. Menurut legenda lain batu biduri bulan dapat memberi keberuntungan dan apabila seseorang memasukan batu tersebut dalam mulut pada saat bulan purnama, maka dia dapat melihat masa depan.

Batu moonstone memiliki struktur kristal yang memecah sinar yang melaluinya dan menghasilkan efek yang disebut adularescene. Efek adularescene ini menyebabkan batu moonstone yang disorot sinar akan terlihat memantulkan sinar berpendar, seperti sinar bulan yang menembus awan. Batu moonstone kadang memantulkan sinar berwarna biru. Jenis yang ini dalam dunia perbatuan Indonesia disebut Batu Biduri Laut.

Plagioclase Feldspars: (Na,Ca)Al1-2Si3-2O8
Orthoclase Feldspar: KAlSi3O8
White, Colorless, Blue, Green, Yellow, Orange, Brown, Pink, Purple, Gray
6 - 6.5
Monoclinic and other members are Triclinic crystal system.
1.518 - 1.526
2.56 - 2.62
-.0005
2,1 - basal ; 2,1 - prismatic ; 3,1 - pinacoidal
Orthoclase, Oligoclase, and other members of the feldspar group

Wilayah Penambangan:
Mineral Biduri Bulan/Moonstone banyak terdapat dan ditambang di Negara India, Sri Lanka, Myanmar (Burma), Australia, Madagascar, Tanzania, dan Brazil

Transparent Light Grey Moonstone
Relevansi profesi :
Secara tradisional dan mystic dipercaya bahwa, orang-orang yang berprofesi sebagai: Praktisi bidang Spiritual, Pendidikan, Pelayanan Masyarakat

Varietas atau Jenis:
• Cat Eye Moonstone-Moonstone menunjukkan chatoyancy.
• Rainbow Moonstone-Dengan kemilau biru. Mengacu pada Labradorite.
• Bintang Moonstone - Moonstone dengan efek asterism.

Biduri Bulan (Moonstone) memiliki penampilan yang sulit dibedakan dan agak membingungkan jika dikumpulkan dengan batu permata lainnya. Warna kemerahan dan kecoklatan pada Moonstone bisa terlihat mirip dengan Carnelian. Namun Carnelian tidak memiliki efek warna sebagaiman Biduri Bulan (Moonstone).

Smoky Maroon Moonstone - India
Biduri bulan (moonstone) mendapatkan namanya dengan mengacu pada warna pantulan indennya yang putih kebiruan mirip cahaya rembulan. 

Dia adalah varietas paling dikenal dari kelompok feldspar. Kebanyakan bahannya translusan, yang transparan lebih disukai sebab efek adularescene nya kuat. Adapula yang mirip mata kucing atau star berjari empat. Biduri bulan cukup popular karena selain indah juga murah, kecuali yang indenya berwarna biru, akrab disebut biduri laut.

 

Dirangkum dari berbagai sumber : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar