Selasa, 11 November 2014

DUA PETARUNG DI JAGAT PERBATUAN INDONESIA



Belum lama dunia perbatuan di Indonesia dikejutkan dengan pendatang baru dalam kontes Batu Mulia, LUMUT ACEH-varian Idocrase. Dan ditambah dengan satu jenis lagi GIOK ACEH-varian Nephrite Jade. Mereka bertarung menyuguhkan keindahan dan keunikannya. Kini, kedua varian tersebut menjadi petarung terbaru Dunia Seni Perbatuan Tanah Air.

Mungkin saja arena unggul di ajang sebuah kontes, membuat nilai batu (gemstones) menjadi melampaui batasan harga per carratnya. Meski tergolong jenis semi precious gemstones, namun harga Idocrase - Lumut Aceh jadi selangit.

Seperti yang diungkapkan oleh Donald Clark CSM pada Gemselect;

"A couple of centuries ago, the terms precious and semiprecious gems came into common use. There are so many exceptions to this classification that it no longer has any value. For example, diamonds have always been considered precious gems, yet there are diamonds that sell for $100 a carat. You can see them, with sufficient magnification, as accent stones on inexpensive jewelry. On the other hand there are garnets that sell in excess of $1,000 a carat. Garnets have traditionally been considered semiprecious gems, but some of them are worth more than ten times a low quality diamond."




Seperti ini ditawarkan Rp. 6.000.000,-
·        LUMUT ACEH – Idocrase

Lumut Aceh merupakan varian Idocrase yang secara visual berwarna hijau dan ada pengaruh coklat dan kuning. Idocrase sering sekali bercampur Hydrogrossular. Di dalam perdagangan Internasional, Idocrase juga dikenal dengan sebutan Vesuvianite, Californite, atau California Jade.



Yang pasti, Idocrase sama sekali bukan merupakan varitas Jade atau Nephrite Jade. Meski hampir memiliki kemiripan Range Warna dengan Nephrite Jade, namun perbedaan yang mencolok adalah pada Refractive Index dan Specific Gravity-nya.



Saudara kembarnya untuk varian Idocrase adalah Sungai Dareh. Namun dari warna Lumut Aceh bervariasi, ada yang Full dengan Lumut Hijaunya dan Klep Air (Giwang dalam istilah Aceh)



Kualitas yang super dari Lumut Aceh memiliki Clarity yang nyata dengan mineral kapur mendekati tingkat nol atau hamper tidak ada.


Ada lagi jenis BELIMBING dengan kembakan warna kekuningan yang sangat identic dengan Idocrase. Didominasi warna hijau menyerupai buah belimbing. Varian ini minim lumut hijau, cenderung polos dengan minim mineral kapur. Bila terkena kembakan cahaya, jenis Belimbing akan terlihat menyala warna kuningnya.



GIOK ACEH – Nephrite Jade

Secara ilmiah masuk dalam varian Jade, tepatnya Nephrite Jade. Giok Aceh memiliki ciri yang khas warna hijau tua yang kuat dengan serat Lumut yang tebal, semi transparant. Selain berwarna hijau, ada juga warna putih dengan serat hijau.



Nephrite Jade dengan kualitas terbaik ketiga di dunia setelah Giok Birma dan China, varian Giok dari Aceh ini punya ciri khas tersendiri dan memiliki keunikan.



Ditemukan di daerah Nagan Raya ini dimensinya luar biasa hingga mencapai 30 ton. Hampir di setiap rumah penduduk setempat di jumpai bongkahan-bongkahan berdiameter 2-6 Ton
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar